Musik Bisa Juga Sebagai Media Dalam Terapi Penyembuhan

Musik Bisa Juga Sebagai Media Dalam Terapi Penyembuhan : Dari hasil study yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Brunel University dan Queen Mary University of London terhadap sekitar 7000 pasien menemukan bahwa mendengarkan musik bisa mengurangi rasa sakit yang dialami pasien tersebut. Para pasien tersebut cenderung memiliki kepuasan, meminimalkan kecemasan dan kekhawatiran  terhadap hasil operasi dengan mendengarkan musik. Menurut Catherine Meads, ketua penulis study tersebut menyatakan bahwa “Mendengarkan musik aman dilakukan, intervensi murah non-invasif yang harus tersedia untuk semua orang yang menjalani operasi.” ( indowarehousedj.com )

Sebagai media penunjang kesehatan tubuh

Fungsi musik bagi kesehatan juga tidak kalah banyaknya. Campbel pernah menyatakan bahwa ritme-ritme yang terdapat dalam sebuah musik dapat menghasilkan stimulan yang mampu mempengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuh manusia. Proses tersebut dimulai ketika stimulan yang ada dalam musik tersebut ditangkap oleh indera pendengaran yang kemudian akan melalui proses pengolahan pada sistem saraf dan kelenjar otak yang mampu mereorganisasikan interpretasi dari bunyi-bunyian menjadi ritme internal pendengaran. Inilah yang pada akhirnya mempengaruhi sistem metabolisme tubuh manusia untuk bekerja lebih optimal dalam rangka menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan sistem kekebalan yang kuat, maka tubuh akan dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

Hasil study yang dilakukan oleh Brunel University, London Barat menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekitar 15%, meningkatkan semangat dan efisiensi energi sekitar 1 hingga 2 %.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *