EDM Sangat Mempengaruhi Unsur Genre Lain

EDM Sangat Mempengaruhi Unsur Genre Lain : Serta dalam proses pembuatan musiknya hampir sama dengan musik saat ini. Mulai dari susunan instrumen yang baik, beat, dan mixing seakan membuat jadi musik yang enak. Terbukti banyak musik EDM tak hanya mengandalkan beat dan instrumen musik kosong saja. ( indowarehousedj.com )

Para DJ produser ternama juga bekerja sama dengan penyanyi ternama dalam menggarap lagu atau malah kebanjiran pekerjaan bekerja sama mengingat besarnya animo musik EDM saat ini. Padahal banyak musik yang populer tersebut, siapa sangka aliran musiknya adalah EDM.

Hanya play and pause, Praktisi EDM dianggap karena bermodal perangkap Midi controler, CDJ, dan Turntable. Lalu tinggal play dan push musik yang sudah ada di display.

Nyatanya tidak, malah lebih sukar. DJ Produser harus merekam, mengedit, memproduksi file lagu, musik dan sejumlah efek suara di studio menjadi satu kesatuan musik yang enak didengar. Proses ini memakan waktu lama dan yang pasti  DJ Produser tak mau fansnya kecewa.

Apalagi sejumlah fans punya sejumlah tuntunan besar agar selalu ada penyegaran lagu setiap penampilan. Pasti sang DJ harus berpikir keras menciptakan tracklist yang disukai penonton. Itulah mengapa, kemampuan wajib seorang DJ adalah tahu musik yang populer dan bisa dikolaborasikan dengan lagi saat tampil.

Hanya ada satu genre,  Anggapan lain yang melenceng adalah EDM hanya satu jenis musik yang salah. Nyatanya ada begitu banyak subgenre dari EDM, seperti House, Trance, Dubstep, Techno, Trap dan sampai Hardcore.

Setiap aliran musik punya BPM (Beat Per Minute) yang berbeda, tergantung genrenya. Setiap EDM berada di kisaran 125 – 135 BPM. Kehebatan EDM ialah  mampu berkolaborasi dari berbagai genre musik lainnya berseberangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *